Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk Office Tips Menjaga Kesehatan Mata Bekerja di Depan Komputer

Mata adalah suatu organ penglihatan yang sangat penting untuk diri kita, pada saat bekerja kita harus mengedepankan organ ini agar kesehatan mata kita selalu tetap terjaga. Kondisi penyakit akibat kerja yang didapat dari pekerjaan dengan gejala sakit kepala, mata

kering dan penglihatan kabur, bisa terjadi kapan saja, apapun pekerjaan yang membutuhkan waktu cukup lama terutama untuk pekerjaan didepan monitor komputer harus mementingkan aspek kesehatan agar penyakit akibat kerja tidak terjadi pada diri kita.

Untuk membantu meringankan gejala yang didapat dari pekerjaan didepan komputer begitu lama, berikut tips tentang bagaimana pekerjaan bisa tetap aman bagi kesehatan diri kita:

1. Dapatkan pemeriksaan mata menyeluruh setiap tahun. seorang yang melakukan aktivitas terlalu lama membutuhkan perawatan lebih karena pekerjaan tersebut bisa membahayakan diriya, tips ini dapat membantu mencegah stres penglihatan, dan banyak cara lain yang disesuaikan secara khusus untuk bekerja dengan aman didepan komputer.

2. Kenakan kacamata yang tepat. Pastikan dokter mata anda memahami tugas pekerjaan anda, karena pekerjaan anda selalu dihabiskan untuk melihat monitor komputer yang begitu lama. Kacamata anti radiasi komputer dapat membantu Anda melihat layar digital dengan lebih jelas, dan dapat membantu melindungi mata dari sinar biru berbahaya yang dipancarkan oleh layar komputer, tablet, atau handphone.

3. Bila lelah lakukan dahulu pekerjaan yang lain. Beri mata anda istirahat dan jangan terlalu fanatik menempatkan mata anda di layar komputer, karena dengan beristirahat atau fokus pada aktivitas kerja lainnya seperti membalas telepon, membuat salinan atau berbicara dengan rekan kerja itu bermanfaat dan sementara bisa mengistirahatkan sejenak mata anda. Untuk mengurangi kelelahan mata saat pengoprasian komputer bisa dengan rehat singkat dengan metode 20-20-20 yaitu :

  • Setiap 20 menit bekerja menggunakan komputer
  • Diselingi 20 detik rehat singkat
  • Dengan melihat selain komputer sejauh 20 feet (7 Meter)

4. Sesuaikan pencahayaan kantor. Cahaya kantor yang normal lebih diutamakan, hal ini dapat dicapai dengan melakukan pengukuran menggunkan lux meter dengan stnadar pekerjaan perkantoran sebesar 300lux.

5. Atur brightness layar komputer. Banyak masalah mata berasal dari sinar biru atau radiasi layar komputer, usahkan pencahayaan monitor komputer jangan silau ataupun gelap, pencahyaan layar monitor diatur cukup pas atau senyaman mungkin dengan mata kita.

6. Sesuaikan Posisi duduk dengan layar monitor, kondisikan tempat duduk kita nyaman dan layar komputer harus ditempatkan sekitar 45-60cm dari mata anda, dengan bagian atas layar sedikit di bawah tingkat mata horizontal.