Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk Pentingnya Rencana Kerja


Dalam menjalankan pekerjaan di area kerja baik yang bersifat aktivitas inti (OB & Coal) maupun support aktivitas (transportasi, logistik, dan lain - lain), perencanaan kerja adalah hal yang wajib dirumuskan sebelum memulai kegiatan. Perencanaan kerja tersebut akan menjadi acuan dan kontrol terhadap pekerjaan yang dilakukan sehingga operasional berjalan lancar dan mencapai target. Jelas target kita adalah bekerja secara aman dan produktif.

Dalam perumusannya, rencana kerja selalu dibuat dalam periode waktu penerapan tertentu. Rencana kerja harian (Daily Opration Plan) memiliki periode waktu penerapan yang pendek, dan sebenarnya merupakan turunan dari rencana kerja mingguan, yang telah dibuat sebelumnya. Sebagai turunan dari rencana kerja mingguan, rencana kerja harian (Daily Operation Plan) harus mampu mendetailkan setiap variabel operasi yang ada mulai dari fungsi, metode kerja, juga pengawasan kerjanya. 

Apabila terdapat area atau aktifitas kerja yang berisiko tinggi, dokumen rencana kerja diharapkan dapat menguraikan bahaya dan risiko kerja melalui pengendalian yang wajib disertakan oleh pengawas seperti Job Safety Analysis (JSA) untuk disampaikan ke bawahan. Harapannya operasi yang akan berlangsung ini terpandu dengan baik sesuai rencana kerja harian tersebut.

Secara singkat kita dapat uraikan manfaat yang diperoleh dari operasional berbasis rencana kerja / Daily Operation Plan yang baik di antaranya :
  1. Kegiatan operasional menjadi sistemasis dan terarah.
  2. Mendeteksi bahaya dan merumuskan pengendaliannya.
  3. Penyusunan skala prioritas suatu pekerjaan.
  4. Menetapkan standar dalam pengawasan kualitas kerja
  5. Bahan evaluasi kerja.
  6. Menuntun pengunaan sumber daya dengan efisien dan efektif.
  7. Memuat informasi kerja yang lebih detail secara daily.
Kita perlu meningkatkan identifikasi dan perencanaan terhadap setiap pekerjaan dan harus termuat dalam rencana kerja harian / Daily Operation Plan terutama pekerjaan yang kritikal atau berisiko tinggi. Sehingga sebagai pekerja tambang l kita semua dapat melakukan pekerjaan yang aman, produktif.