Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Safety Talk Membuang Sampah Pada Tempatnya

 

Kita masih banyak beranggapan bahwa sampah merupakan hal sepele dan membuangnya sesuka hati kita dimana saja kita berada. Tidak jarang kita melihat pemakai jalan raya seenaknya membuang sampah sembarangan dari atas kendaraan tanpa merasa risih. Di pinggir jalan terlihat tumpukan sampah yang menyerupai gunung kecil, terpencar-pencar. Di parit-parit juga terlihat penuh oleh bermacam-macam sampah. Bahkan di sungai-sungai banyak sekali bermacam-macam sampah mulai dari sampah kayu hingga kantong-kantong plastik sampah rumah tangga mengambang di permukaan.

Dari kejadian seperti ini bisa dikatakan bahwa masyarakat belum menyadari bahwa sampah yang dibuang ini mempunyai dampak terhadap kesehatan masyarakat dan menimbulkan kekumuhan.Tak jarang kita menemukan sampah yang memenuhi lokasi area kerja seperti di mess, office, workshop sehingga menyebabkan kekumuhan dan penyakit. 

Musim penghujan menjadi musim yang tidak mengenakkan bagi lokasi kerja seperti parit-parit tidak mampu lagi mengalirkan air secara maksimal karena terhalang oleh tumpukan sampah. Hal ini dapat mengakibatkan air hujan terbendung dan menggenangi halaman sehingga workshop tergenang, jalan rusak, bahkan banjir.

Secara umum Upaya Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

1. Reduce : Dengan mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat menimbulkan timbulan sampah seperti plastic, botol kaca, barang-barang dari logam.

2. Reuse : Dengan menggalakkan program penghematan kertas seperti printing dokumen pada kedua sisi kertas.

3. Recycle : Dengan membuat kompos dari sisa sampah makanan dan tumbuhan, memanfaatkan sampah ban bekas menjadi stopper parker

Edukasi dan kesadaran dalam pengelolaan limbah dan sampah tentu sangat penting dalam area kerja. Banyak karyawan yang masih kurang kesadarannya dalam menjaga kebersihan lingkungan. Pengawas harus menjadi contoh dalam setiap tindakan pengelolaan sampah seperti menegur jika ada yang membuang sampah sembarangan, membuang sampah rutin setiap akhir shift, menetapkan jadwal piket kebersihan. Mari kita jaga lingkungan kita dari bahaya sampah.