Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk Tambang Parkir Unit dengan Aman

Seperti yang kita tahu, sudah banyak prosedur yang dibuat dan diaplikasikan di area kerja kita. Salah satunya ialah prosedur pengoperasian kendaraan dan unit. Dalam prosedur ini, tidak hanya menjelaskan peraturan yang berlaku saat kondisi kendaraan atau unit kita bergerak, tetapi dijelaskan pula didalamnya langkah – langkah yang perlu dilakukan saat kita akan memarkirkan unit kita. Oleh karena itu di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi setiap pengemudi kendaraan atau unit saat akan memarkirkan kendaraan kita, antara lain :

1. Pastikan unit berhenti sempurna

Yang dimaksud dengan berhenti sempurna ialah saat kita akan meninggalkan kendaraan/unit kita, maka kita harus memastikan bahwa mesin telah dimatikan, parking break aktif, serta menurunkan bucket/shovel/blade/ripper. Dan yang terakhir memasang ganjal ban/wheel chock untuk memastikan kendaraan berhenti dengan sempurna

2. Parkir di area aman

Pastikan kendaraan kita parkir di area yang aman. Usahakan parkir pada kondisi area yang datar, apabila mengharuskan kita untuk parkir di area tanjakan atau turunan, aktifkan penuh rem tangan dan aktifkan gigi maju untuk kondisi jalan menanjak dan persnelling mundur untuk kondisi jalan menurun, serta mengganjal roda menggunakan ganjal roda.

3. Jarak parkir aman

Pastikan jarak parkir antar kendaraan aman. Jarak parkir memanjang untuk kendaraan sejenis minimal ½ kali panjang unit kedepan dan kebelakang. Untuk unit yang serupa minimal memiliki jarak 5 meter antar unit yang ada disampingnya serta dilengkapi pembatas parkir antar unit.

Sedangkan untuk kendaraan/unit yang akan parkir disekitar unit yang sedang parkir harus menjaga jarak samping minimal 30 meter, jarak kedepan 20 meter, jarak ke belakang 50 meter, berada diluar radius area swing crane dan excavator, dan yang terakhir menginformasikan posisi parkir pada operator atau driver unit yang sedang parkir

4. Apabila kendaraan/unit kita mengalami kerusakan

Lakukan penandaan terhadap unit menggunakan safety cone dan melengkapi trafficman sebagai pengatur lalu lintas di sekitar area unit kita.

Semua point – point di atas sudah tercantum dalam prosedur pengoperasian kendaraan dan unit. Dan sebagai pelajaran sudah banyak terjadi kecelakaan diakibatkan perilaku memarkirkan unit dengan tidak aman. Oleh karena itu mari kita mulai budaya berkendara dengan baik dan aman, dimulai dari mempersiapkan unit/kendaraan sebelum digunakan, menjaga perilaku berkendara saat kendaraan berjalan, dan yang terakhir dan tidak kalah penting ialah menjaga posisi parkir atau posisi berhenti dari unit/kendaraan yang telah kita gunakan.