Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk Pelaksanaan Inspeksi Alat Bantu Kerja

Sumber Ilustrasi:

Dalam setiap pekerjaan yang kita kerjakan, selalu ada resiko terjadinya insiden dalam pekerjaan tersebut. Resiko tersebut bisa berasal dari Proses Pekerjaan yang kita lakukan ataupun berasal dari Peralatan yang kita gunakan. Akhir-akhir ini resiko insiden yang berasal dari Peralatan yang kita gunakan meningkat, berdasarkan Hazard terkait Kelayakan Peralatan yang meningkat pula.

Untuk menurunkan resiko serta hazard terkait Kelayakan Peralatan (Alat bantu kerja), perlu dilakukan Inspeksi Khusus untuk Peralatan (Alat bantu Kerja) dengan melihat :

  1.  Apakah terdapat inventarisasi Alat Bantu Kerja (Tools & Equipments)
  2. Apakah terdapat jadwal Inspeksi Alat bantu Kerja (Tools & Equipments) minimal 1 x perbulan
  3. Apakah terdapat hasil inspeksi Alat Bantu Kerja (Tools & Equipments) dan ditindaklanjuti
  4. Apakah terdapat pemisahan pada, Alat Bantu Kerja yang layak Pakai, dan yang rusak
  5. Apakah terdapat penerapan standar label & penandaan untuk Alat Bantu Kerja untuk Gerinda, Bor, dan Peralatan listrik lainnya
  6. Apakah terdapat sertifikasi dan valid untuk Crane, Kompressor (Jika Tekanan > 1000 psi), Stand Jack, dan Peralatan Listrik (Khusus untuk tegangan operasi DC > 50 Volt atau DC > 120 Volt)
  7. Apakah kalibrasi dilakukan dan valid untuk Torque Wrench, Alat Ukur
  8. Apakah Kalibrator alat bantu kerja telah terkalibrasi dan masih valid (Jika terdapat alat yang dikalibrasi secara internal)
  9. Apakah operator alat bantu kerja telah tersertifikasi secara internal dan/atau eksternal, sesuai perundangan yang berlaku
  10. Bagaimana pelaksanaan House Keeping

Untuk memudahkan hal ini, terdapat Checklist Inspeksi Alat Bantu Kerja & Workshop di Portal yang bisa digunakan dalam pelaksanaan Inspeksi Alat Bantu Kerja ini.

Selain Pelaksanaan Inspeksi yang dilakukan random ini, pengguna dan tools keeper terkait peralatan perlu melakukan pengecekan sebelum menggunakan Alat Bantu Kerja. Jika memang terdapat kerusakan atau ketidaklayakan dari suatu alat, maka lapor kepada pengawas, sehingga Berita Acara Kerusakan bisa dibuat dan Alat bantu kerja tersebut tidak digunakan sebelum ada perbaikan atau penggantian.

Bekerja menggunakan tools yang layak akan menekan resiko terjadinya insiden yang terjadi di area kerja, jadikanlah Pekerjaan Anda Aman, dengan menggunakan Tools yang Layak.