Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk Obesitas Dapat Menjadi Silent Killer

Obesitas

Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebih akibat ketidak seimbangan asupan energi (energy intake) dan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama (WHO, 2000).Obesitas dapat mendatangkan penyakit, beberapa penyakit yang salah satu faktornya disebabkan oleh obesitas adalah Diabetes mellitus.

Penyakit diabetes mellitus adalah ancaman serius bagi kesehatan masyarakat karena perkembangannya bertahap dan bisa menimbulkan komplikasi berbahaya. Tidak heran jika penyakit kencing manis ini dikenal juga sebagai pembunuh diam-diam (the silent killer). Berikut ini adalah beberapa komplikasi diabetes yang patut diwaspadai:

  1. Luka sulit sembuh
  2. Kebutaan
  3. Penyakit gigi
  4. Penyakit jantung dan stroke
  5. Kerusakan ginjal
  6. Kerusakan saraf
  7. Beragam jenis kanker
  8. Penurunan daya tahan tubuh
  9. Melemahnya daya ingat

Ada beragam faktor risiko yang dapat menjadi penyebab penyakit diabetes, salah satunya yakni pemilihan menu makan yang salah. Banyak orang selama ini mungkin telah memahami bahwa konsumsi makanan atau minuman yang manis dapat memicu diabetes. Tapi sayangnya, beberapa jenis makanan lain juga bisa menjadi penyebab penyakit kronis ini. Maka dari itu, berbagai makanan tersebut perlu diwaspadai, terutama bagi kelompok masyarakat yang memiliki faktor risiko penyakit diabetes, seperti berusia di atas 30 tahun, menderita obesitas, mengalami hipertensi, kolesterol tinggi, punya riwayat keluarga diabetes mellitus hingga menderita penyakit kardiovaskular. 

Pada dasarnya, jenis makanan penyebab diabetes adalah makanan yang dapat menyebabkan gula darah tinggi atau mengganggu produksi insulin di dalam tubuh. Berikut ini adalah ragam makanan yang porsinya harus dikurangi atau disesuaikan dengan kebutuhan harian agar tidak menjadi penyebab diabetes :

  1. Makanan tinggi karbohidrat
  2. Mengkonsumsi Sumber lemak trans dan jenuh
  3. Minuman manis
  4. Buah kering dan koktail
  5. Minuman bersoda, minuman berenergi, dan alkohol

Mari bijak dalam menentukan apa yang kita makan, karena pola makan sangat berpengaruh pada masa depan kita