Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk Near Miss atau Hampir Celaka

 Sumber Ilustrasi:

Apa yang dimaksud dengan “Near Miss?” Near miss didefinisikan sebagai: “. Sebuah kejadian yang hampir menyebabkan celaka” Apa artinya ini dalam dunia industri? Ini hanya berarti bahwa kecelakaan serius hampir saja terjadi. Seseorang tersandung pallet, tapi tidak jatuh. Dua forklift hampir bertabrakan di sudut jalan. Sebuah alat terjatuh dari atas scaffolding dan hampir saja mengenai kepala Anda. Itu semua adalah contoh-contoh dari near miss atau hampir celaka. Sama halnya dengan near miss atau hampir celaka adalah juga penyebab kecelakaan. Berikut adalah contoh-contohnya:
  • Tindakan tidak aman, seperti mengangkat yang tidak benar; berjalan di bawah beban overhead; pemotongan, penggilingan, atau chipping tanpa kacamata keselamatan; tidak menggunakan peralatan yang tepat / personal protective equipment, dll
  • Kondisi tidak aman, seperti peralatan kurang terpelihara, minyak atau lemak pada lantai, kawat las yang telah diletakkan di sembarang tempat, sampah dan kotak yang telah ditinggalkan di lorong-lorong, dll
  • Mengambil risiko untuk melakukan pekerjaan dengan terburu-buru tanpa memperhatikan aspek keselamatan kerja, dan lain-lain.

Laporkan Near Miss Sebelum Mereka Menjadi Kecelakaan:
  • Ketika terjadi near miss atau nyaris celaka, segera laporkan kepada atasan terdekat. Potensi insiden tersebut ada di seluruh tempat kerja, sehingga semua karyawan-bukan hanya atasan harus membantu mengidentifikasi
  • Jika nyaris celaka adalah hasil dari kondisi yang tidak aman, jangan lanjutkan bekerja di bawah kondisi tersebut yang sampai masalah telah diperbaiki dan atasan Anda memberikan petunjuk untuk melanjutkan.
  • Jika insiden itu adalah hasil dari tindakan yang tidak aman, yakin bahwa setiap orang yang terlibat telah disiagakan untuk tindakan mereka sebelum mereka melanjutkan pekerjaan.

Ingatlah bahwa Near Miss adalah sebuah Peringatan:
Membiarkan nyaris celaka tidak dilaporkan memberikan kesempatan bagi kecelakaan serius terjadi. Mengoreksi tindakan atau kondisi ini akan meningkatkan keselamatan dalam fasilitas dan menyediakan lingkungan kerja yang lebih baik untuk semua orang yang terlibat. Jangan biarkan diri Anda atau rekan kerja menjadi statistik laporan kecelakaan.

Cegalah Agar Kecelakaan Itu Tidak Terjadi!