Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk LOTO

ikon loto

 Sumber Ilustasi ;

Lock Out Tag Out atau biasa disingkat dengan LOTO merupakan system pengamanan dalam bekerja dengan mematikan sumber energi, menguncinya (Lock) dan memberikan tanda (Tag). LOCK adalah sistem penguncian sumber energi setelah sumber energi dimatikan agar tidak bisa dioperasikan sedangkan TAG adalah alat komunikasi untuk menyampaikan bahwa sedang dilakukan suatu pekerjaan dan jangan dioperasikan. Lock Out adalah pengunci dari sebuah sistem lock out – tag out berupa padlock/gembok. Tag Out adalah sistem label/tag yang terdiri dari 2 jenis yaitu:

1. Danger Tag/label bahaya yang berisi informasi suatu larangan atau informasi tanda bahaya misalnya larangan menyalakan suatu alat/unit/instalasi dan informasi tentang identitas personil yang bertanggung jawab mengisolasi alat/ unit/instalasi tersebut, serta waktu pelaksanaanya.

2. Caution Tag/label peringatan yang berisi informasi bahwa suatu alat/unit/ instalasi sedang dalam perbaikan (out of service).

Lock Out dan Tag Out (LOTO) merupakan prosedur keselamatan yang penting yang melindungi pekerja dari cidera ketika bekerja dengan atau dekat circuit dan peralatan bertenaga seperti tenaga listrik, hidrolik, tekanan dan energi potensial gravitasi dalain sebagainya. Adapun tujuan LOTO adalah :

1. Mencegah terlepasnya potensi bahaya atau energi yang tersimpan secara tiba-tiba

2. Menghindari pengoperasian mesin yang tidak terduga

3. Mencegah terjadinya kerusakan pada alat itu sendiri

4. Mencegah terjadinya cidera pada pekerja

Penyebab utama terjadinya kecelakaan kerja berkenaan dengan isolasi LOTO adalah :

1. Kegagalan untuk menghentikan peralatan

2. Kegagalan untuk memutus aliran energi dari sumbernya

3. Kegagalan untuk menghilangkan sumber energi

4. Secara tidak sengaja mengoperasikan kembali peralatan yang sedang diperbaiki

5. Tidak membersihkan area kerja sebelum mengoperasikan kembali peralatan yang telah diperbaiki

Prosedur LOTO tidak hanya untuk melindungi pekerja yang melakukan perbaikan alat tetapi juga merupakan suatu bentuk kedisiplinan dalam bekerja dengan selalu mematuhi peraturan yang ada. Jadikan lah kebiasaan baik menjadi Budaya kerja yang nantinya akan kembali kepada pekerja itu sendiri beserta keluarga dengan terhindar dari kecelakaan kerja .