Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk Kerja Adalah Ibadah

kerja adalah ibadah

Keselamatan kerja secara filosofi memiliki arti pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah pekerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, serta hasil karya dan budayanya menuju masyarakat adil dan makmur. Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwasanya keselamatan kerja harus menjamin tidak berkurangnya sedikitpun sesuatu, baik itu jasmani/fisik dan rohani/mental dari seseorang yang bekerja. Maka dari itu, dengan menjalankan keselamatan kerja kita juga turut serta menjaga keutuhan jasmani dan rohani diri kita dan juga rekan kerja kita.

Ikut turut serta dalam menerapkan dan menjalankan dengan sebaik-baiknya keselamatan kerja merupakan suatu amalan yang baik. Dimana kita menjaga diri kita sendiri, rekan kerja, perusahaan tempat kita bekerja, dan juga masyarakat yang bergantung dalam kegiatan usaha perusahaan kita bekerja. Dengan keselamatan kerja kita bisa menjadi manusia yang beruntung di dunia ini karena sebaik-baik manusia di permukaan bumi adalah manusia yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.

Bekerja dengan sebaik-baiknya merupakan suatu ibadah untuk mencari rezeki dari Tuhan Yang Maha Esa guna menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. Bekerja dengan sungguh-sungguh dengan tujuan mendapatkan rezeki yang halal dan baik termasuk ke dalam ibadah yang mulia. Apalagi ketika kita bekerja dengan aman, selamat, dan sehat, kita juga dturut serta dalam menjaga keutuhan jasmaniah dan rohaniah diri kita sendiri dan orang lain. Dengan terjaganya fisik dan psikis kita dan rekan kerja kita, kita bisa melaksanakan ibadah-ibadah lainnya dengan baik dan nyaman.

Setelah kita menerapkan sistem keselamatan kerja untuk diri kita sendiri, kita bisa mengajak rekan-rekan kerja kita untuk menjaga keselamatan dirinya masing-masing. Salah satu caranya yaitu, memberi tahu aturan/intruksi kerja ketika mau bekerja sehingga mereka paham bahaya dan resiko serta pengendalian dari bahaya dan resiko tersebut. Kemudian mengingatkan jika terdapat KTA/TTA di area kerja dengan cara baik-baik dan mudah dimengerti. Yang terakhir dan tak kalah penting dari sebelumnya yang bisa kita lakukan bersama rekan kerja kita yaitu berdoa dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa ketika sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan agar selalu dilindungi dan diberikan kelancaran dalam bekerja. Kita sebagai manusia hanya bisa melakukan yang terbaik, tetapi pada akhirnya Sang Pencipta lah yang menentukan dan menakdirkan, maka dari itu selalu berdoa dan berserah diri.

Menjadi manusia bermanfaat untuk diri kita pribadi, baik keluarga maupun rekan kerja kita dan ataupun perusahaan tempat kita bekerja tak lepas dari bekerja secara aman dan selamat, serta memberi contoh yang baik kepada sesama rekan kerja. Selain memberi contoh ke orang lain, kita juga bisa memberikan ilmu, pengetahuan, serta wawasan mengenai safety behaviour (berperilaku aman), seperti menjelaskan SOP/JSA terkait pekerjaan yang biasa dilakukan, memberikan pengetahuan mengenai KTA dan TTA di area kerja, serta menjelaskan bahaya dan resiko yang timbul ketika melakukan suatu pekerjaan.

Ilmu dan pengetahuan terkait safety yang kita berikan ke rekan kita akan sangat bermanfaat untuk mereka agar tetap aman dan selamat dalam bekerja. Dengan menjaga teman kita selamat berarti kita juga ikut menjaga keutuhan keluarga teman kita, baik itu secara material/nafkah serta jasmaniah dan rohaniah. Semoga dengan mencontohkan, mengajarkan, dan memberikan ilmu serta pengetahuan kita mengenai keselamatan ke rekan kerja kelak akan menjadi bekal amal jariyah.